Minggu, 05 September 2010

Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Dirimu

1

Ketika ada yang bertanya "Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan diri kamu?", banyak orang yang akan berpikir lama, bahkan saking lamanya semua jadi 'blank' dan akhirnya tak menjawab apapun. Pertanyaan seperti itu mungkin sering muncul saat interview kerja, interview beasiswa, ataupun saat training tentang pengenalan diri. Mengenal diri sendiri memang gampang-gampang susah, gampang karena ini diri kamu sendiri, bukan orang lain yang mungkin tak dikenal. Susah karena sebagian dari kita tak pernah tahu 'siapa diri kita sendiri'. Untuk mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri, kita terlebih dahulu harus bisa menghargai diri kita. Berpikirlah bahwa tiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mungkin karena tidak pernah menghargai diri, kita seringkali lebih mudah untuk melihat kekurangan diri sendiri, fokus pada kekurangan diri adalah sesuatu yang tidak menguntungkan.


Berfokuslah pada apa yang menjadi kelebihanmu, karena ada pepatah "tentang dua sisi mata kapak" yang satu tumpul dan yang lainnya tajam, mana yang lebih mudah di asah untuk menebang pohon? Ya, tentunya sisi yang tajam akan lebih mudah di asah dan cepat untuk bisa menebang pohon, sementara sisi yang tumpul akan lebih lama untuk mengasahnya.

Begitu pula dengan kelebihan dan kekurangan diri kita, ketika kita fokus pada kelebihan yang kita punya maka kita akan lebih mudah mengasahnya untuk mencapai apa yang menjadi tujuan hidup kita. Lalu bagaimana caranya kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurang diri kita itu? Ada beberapa cara, cara pertama tentunya dengan merenung dan bertanya pada diri kita masing-masing, yang kedua tentunya bisa bertanya pada orang lain yang telah mengenal kita. Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi acuan saat kita mulai instropeksi tentang kelebihan dan kekurangan diri sendiri:
  1. Siapkan terlebih dahulu sebuah kertas dan alat tulis
  2. Tuliskan di kertas itu namamu sendiri dengan huruf yang besar
  3. Kemudian isilah kertas tersebut dengan jawaban-jawaban atas pernyataan berikut:
  • Tuliskan sifat/karakter yang kamu miliki, apabila bingung bisa mengikuti panduan contoh: pilih salah satu dari pasangan karakter berikut, pendiam-cerewet, emosi mantap-emosi labil, pemarah-pemaaf, berani-penakut, berpikir logis-berpikir intuitif (perasaan), suka menuntut-pasrah. dlsb.
  • Tuliskan kekurangan diri kamu, untuk yang satu ini pastinya kamu akan mudah untuk menjawabnya, seperti yang sudah saya bilang tadi bahwa kita lebih sering fokus pada kelemahan/kekurangan diri sendiri. Kekurangan disini dapat dikaitkan dengan tujuan hidup/cita-cita yang kamu miliki. Misal: kamu bercita-cita menjadi seorang reporter berita, tetapi kamu tidak bisa berkomunikasi dengan baik, belum menguasai jurnalistik, kemampuan bahasa yang minim, beberapa hal itu bisa menjadi kekurangan kamu.
  • Tuliskan kelebihan diri kamu masing-masing, inilah bagian tersulitnya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, terlebih dahulu pikirkan "Apa yang kamu bisa lakukan dan orang lain belum tentu bisa melakukannya", atau lebih mudah bila kamu punya pembanding, misalnya dengan saudara kandung, teman sepermainanmu, apa yang kamu bisa dan mereka tidak bisa melakukannya. Contoh: kamu punya bakat menyanyi yang belum tentu temanmu bisa, atau kamu terampil menjahit, mengoperasikan komputer, ataupun hal-hal unik lainnya.
Setelah kamu menuliskan beberapa hal tersebut di atas, renungkanlah kembali, dan ingat-ingat bahwa hal-hal tersebut adalah kelebihan dan kekurangan diri kamu. Berfokuslah pada kelebihan diri kamu sendiri agar apa yang menjadi tujuan hidup atau cita-citamu lebih mudah tercapai. Salam senyum

1 komentar:

thanx banget buat panduan nya sob..
masukan banget buat ane nih..

Poskan Komentar

No SPAM, No SARA