Tips Melewati Tes Kesehatan

9

Tes Kesehatan atau medical checkup test, masih menjadi andalan beberapa perusahaan untuk menentukan calon karyawan yang akan direkrutnya. Tes tersebut sekaligus menjadi ganjalan dan kekhawatiran sendiri bagi calon karyawan, terutama yang selama ini merasa tidak menjalankan hidup yang sehat.

Peralatan Medical Checkup



Kebiasaan hidup sehat memang mutlak dilakukan bagi orang yang ingin lolos dalam tes kesehatan. Untuk memperbaiki kondisi kesehatan, tidaklah bisa secepat kilat, minimal dibutuhkan waktu sebulan persiapan sebelum tes kesehatan. Itupun tidak akan maksimal, karena bagaimanapun gaya hidup sehat akan tercermin pada kondisi tubuh kita.

Berikut ini beberapa tes kesehatan yang biasa dilakukan oleh perusahan dalam rekrutmen:
  • Tensi/tekanan darah. Dalam pemeriksaan tekanan darah ini tak dapat cukup banyak cara untuk mengakalinya. Istirahat yang cukup di malam harinya/ tidak begadang, lumayan bisa menstabilkan tekanan darahmu. Sedangkan tekanan darah yang normal biasanya di angka 120/80.
  • Tes urin. Banyak kandungan yang akan di tes dalam urin, cara untuk mengakali tes ini cukup mudah. Minumlah air putih sebanyak mungkin dan sesering mungkin. Hindari minum obat-obatan ataupun multivitamin yang tidak diperlukan sebelum melakukan tes kesehatan.
  • Tes darah. Dalam tes ini juga tidak ada cara untuk mengakalinya. Selain minum air putih yang banyak, juga konsumsilah buah dan sayur yang banyak.
  • Spirometri. Tes ini untuk mengukur kekuatan dari rongga paru-paru kita dalam proses pernapasan. Semakin tinggi angka maksimal yang didapatkan maka semakin kuat dan sehat pernapasan kita. Orang dengan angka spirometri yang tinggi maka dia akan lebih kuat dan tangguh melakukan aktifitas kegiatan yang membutuhkan staminan yang lebih. Bagaimana cara meningkatkan hasil tes ini? Ya dengan rajin berolahraga terutama latihan kardio, seperti jogging, berjalan, yang dapat melatih pernapasan kita.
  • Rontgen. Tes ini mungkin menjadi menakutkan bagi para perokok (aktif dan tak terkecuali pasif). Tapi tenang saja umumnya perusahaan tak mempermasalahkan kamu perokok atau bukan, yang penting paru-paru mu tak terserang penyakit ganas, semacam kanker, TBC, ataupun radang. Bagaimana mengakalinya? bukan rahasia umum lagi, minumlah soda/minuman bersoda 3-5 hari sebelum pemeriksaan, sebanyak mungkin, kurang lebih 1,5 liter perhari. Hal ini dilakukan supaya paru-parumu terlihat bersih pada hasil rontgen.
  • Tes Audiometri. Atau tes pendengaran. Biasanya kita akan diperiksa dengan menggunakan headset, yang nantinya akan mengetes telinga bagian kanan dan kiri dalam merespon suara dengan tingkat desibel yang runtut. Untuk mengakali tes ini cukup dengan menjauhi sumber bunyi yang keras (konser musik, speaker yang keras,keramaian, dlsb)  24 jam sebelum diadakan pemeriksaan.
  • Tes Fisik. Tes ini biasanya dilakukan oleh dokter dengan memeriksa bagian fisik kita secara menyeluruh, dari ujung kepala hingga ujung kaki, meliputi, pemeriksaan fisik mata, gigi dan mulut, kerongkongan, denyut jantung, abdominal (perut), hingga kondisi kesehatan anus. Pasti banyak pertanyaan apa yang dimaksud dengan kondisi kesehatan anus? Ya kadang pemeriksaan anus dilakukan untuk melihat apakah ada penyakit ambeien atau tidak. Tak perlu malu dalam menjalani tes yang satu ini, karena dokter yang memeriksa pasti akan disesuaikan dengan gender kita masing-masing.
  • Tes Visus Mata. atau tes penglihatan jauh. Kita akan dihadapkan pada tes kemampuan mata kita unutk melihat jauh, biasanya menggunakan kartu Snellen berupa susunan huruf-huruf yang bervariasi ukurannya. Apabila kamu menggunakan kaca mata/lensa kontak, tak perlu cemas, karena tes ini bukan mengukur bisa atau tidak kamu membaca huruf-huruf tersebut, hanya mencocokkan kondisi kesehatan mata kamu saat ini. Cara mengakalinya ada juga lho, yaitu dengan menghapalkan beberapa susunan huruf terlebih dahulu, terutama saat kamu mengantri menunggu giliran untuk pemeriksaan.
  • Tes buta warna dan penglihatan dekat. Tes ini biasanya menggunakan sebuah buku khusus, dengan warna-warna, dimana dalam setiap gambarnya tersembunyi angka tertentu. Tes ini tentunya tak bisa diakali, karena ini terkait dengan kondisi mata kamu sendiri.

Berikut ini tips umum yang mesti dilakukan sebelum tes kesehatan:
  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, hindari makanan kolesterol dan gorengan
  2. Perbanyak minum air putih minimal 2 liter sehari
  3. Minumlah susu bila perlu, minimal 1 gelas tiap hari (sangat disarankan susu sapi murni)
  4. Berolahraga, tidak harus yang berat/fitness, cukup dengan jogging tiap hari
  5. Hindari rokok, obat-obatan, alkohol
  6. Tidur minimal 8 jam sehari (maksimal pukul 22.00), dan tidak begadang
Selamat memulai gaya hidup sehat.

9 komentar:

mantap...
makasih stetoskopnya ya

tx...gw ada tes kesehatan beberapa hari lagi, semangat!

waaahh mantap dan bermanfaat...semoga saya bisa memulai hidup sehat..
terimakasih banyak informasinya..

Thank ya Gan,,, bntar LAgi qu Tes ksehatan... Masuk POLRI Lagi

makasih. mo ngambil air putih dulu :)

Thanks infonya... Aku ada tes kesehatan lusa... Doakan semoga Agung bisa melewati tes kesehatan ini. Aamiin.

Post a Comment

No SPAM, No SARA