Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mencari Pekerjaan

Find a Job

Mencari pekerjaan mungkin akan menjadi rutinitas ataupun sebuah "pekerjaan" baru bagi fresh graduates, yang baru lulus dari sekolah masing-masing. Menyanding titel yang beragam dengan tingkat pendidikan yang beragam pula.
Mencari Pekerjaan

Mencari pekerjaan memang bukan kegiatan yang mudah. Terutama untuk memilih pekerjaan yang cocok dengan kemampuan yang kita miliki. Terlebih saat proses seleksi, yaitu pada saat kita melalui tahapan tes yang banyak dan rumit atau melewati tes kesehatan (baca: Tips Melewati Tes Kesehatan) yang merupakan momok bagi para job seeker.

Berikut akan disajikan beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencari pekerjaan:


1. Siapkan CV terbaikmu; hal pertama yang dilihat para rekruter dari job seeker adalah CV nya, pas foto diri sebagai wujud penampilan juga tentunya diperhatikan untuk beberapa posisi yang mengutamakan penampilan. CV harus menarik, bukan berarti penampilan luarnya, tetapi isinya. Berbobot, padat, ringkas dan jelas. Ingat jangan bertele-tele, tulislah hanya prestasi saja atau kelebihanmu yang patut dibanggakan dan tak semua orang bisa melakukannya, apabila berorganisasi tuliskan tanggungjawab/tugasmu di dalam organisasi tersebut.

2. Cetak CV itu dalam bentuk hardcopy dan softcopy, pada saat ini banyak juga perusahaan yang menyediakan email untuk pengiriman lamaran, jadi softcopy sangatlah penting untuk disiapkan. Ingat file yang ada dijadikan satu dahulu atau di-compress (biasanya file terdiri dari surat lamaran, CV, pas foto, scan ijasah, dlsb.) jadikan satu dalam file compress dan usahakan ukuran file kurang dari 200KB

3. Daftarkan diri kamu di beberapa situs pencari kerja, baik yang gratis ataupun berbayar. Saat ini rata-rata penyedia jasa ini bersifat gratis dengan fasilitas terbatas dan bisa di upgrade dengan tambahan biaya. Seperti jobsdb.com, jobstreet.com atau yang dari lokal seperti ecc.ft.ugm.ac.id, kedaikarir.com, dlsb

4. Rajinlah untuk mengunjungi situs atau blog yang menyediakan informasi lowongan kerja atau beberapa akun FB yang juga setia mengupdate statusnya dengan iklan lowongan kerja.

5. Bertemanlah dengan banyak orang, terutama orang-orang HRD perusahaan-perusahaan tertentu. Koneksi itu penting! Selain itu akrablah dengan kakak alumni, biasanya akan lebih mudah mendapat info dari kakak alumni, siapa tahu bisa merekomendasikan kita juga di tempat mereka bekerja.

6. Rajinlah berdoa, dekatkan diri dengan Tuhan, selain beribadah, juga bisa menenangkan hati selama menunggu pekerjaan yg cocok buat kita.

Tak ada yang sempurna dan tak ada yang semudah bila hanya dibayangkan, terus mencoba dan jangan menyerah. Tetap semangat dalam mencapai pekerjaan yang kamu impikan.

1 comment:

  1. Kebanyakan orang kadang berfikir sulit mencari pekerjaan.....tapi jika sudash tau tips dan trik cara mudah mencari kerja pasti bisa..ya memang semua itu atas ijin yang diatas....tapi semua manusia harus lebih berusaha dan tidak lupa berdoa.....thanks untuk infonya....

    Bali Villa, Bali Villas, Bali Property, Bali Photography

    ReplyDelete

No SPAM, No SARA