Cara Jitu Persiapan Tes CPNS

Cara Jitu Persiapan Tes CPNS


Menjadi seorang pegawai negeri yang dipekerjakan oleh pemerintah dengan gaji sewajarnya dan tunjangan yang melimpah, memang dambaan bagi setiap orang terutama para lulusan muda. Hampir setiap tahun kita dapat menemukan fenomena bagaimana pencari kerja ataupun yang sudah bekerja, antri untuk mendaftar menjadi CPNS. Memang dibutuhkan mental dan kesiapan tersendiri dalam menghadapi tes ini, bagaimana tidak, jika saat awal pendaftaran kita dengan sendirinya sudah terseleksi dengan banyaknya syarat yang harus dilengkapi.
sumber gambar : jpnn.com




Nah dari itu semua yang terpenting adalah saat tes cpns ini, dimana sekarang sudah menggunakan sistem semi online dalam pengerjaannya. Tidak 100% online karena harus ada sistem kontrol di sini, sehingga peserta calon cpns ini harus tetap datang ke tempat yang disediakan kemudian mengerjakan tes nya melalui komputer yang telah disediakan juga.

Lalu bagaimana sih agar kita bisa siap dalam menghadapi tes cpns ini? apakah kita perlu belajar sedemikian rupa sehingga harus menguras tenaga dan pikiran. Atau kita harus ikut bimbingan belajar khusus agar lebih siap? Jawabannya tergantung kemampuan dan KEMAUAN anda sendiri.

Apabila anda ingin menyiapkannya sendiri tanpa perlu bimbingan khusus, maka yang bisa saya sarankan adalah sebagai berikut:

1. Persiapkan diri anda minimal 1 bulan sebelum tes, baik persiapan fisik yang artinya jaga kondisi tubuh agar selalu fit hingga hari tes tiba atau kondisi psikis dimana harus menjaga hati dan pikiran kita agar tetap tenang dalam menghadapi tes tersebut.

2. Pelajari pelajaran penting waktu sekolah dulu, cukup pelajaran Pendidikan kewarganegaraan, Matematika, Sejarah, Bahasa Inggris, dan pahami UUD 1945.

3. Beli buku latihan soal CPNS atau yang lebih mudah di saat teknologi digital saat ini, pelajarilah pada aplikasi soal CPNS yang disediakan di sistem operasi Android atau Apple. Hafalkan tiap soalnya karena kadangkala akan keluar di soal cpns.

4. Rajin berlatih setiap hari, sempatkanlah 1-2 jam sehari untuk latihan soal tersebut

5. Pada saat tes tenangkan diri dan percaya dirilah dalam menjawab. Apabila ada soal yang kurang dimengerti pakailah logika dalam menjawab, karena toh soalnya selalu ada pilihan.

6. Rajin berdoa dan buatlah nasar apabila nantinya lolos, ini penting karena kita harus tetap berserah pada Tuhan Yang Maha Esa.

Demikian sekelumit bagaimana kita mampu menghadapi tes CPNS yang menjadi idaman bagi setiap orang di Indonesia.

Baca juga : Hal-hal yang perlu diperhatikan saat mencari pekerjaan

No comments:

Post a Comment

No SPAM, No SARA